Listening: RIF – Cinta Adalah…

Hiraishin no Jutsu
User: Yondaime Hokage (Namikaze Minato)
Rank: S (Secret/Hidden: Extreme Level)
TNG: Ninjutsu
Range: Close, Mid, Far
Type: Supplementary

“Terbang melewati ruang & waktu secara instant-secepat kilat”

“Melampaui Shunshin

Inilah salah satu alasan mengapa Yondaime dijuluki “Konoha no Kiiroi Senkou”. Barangkali karena Kishimoto-sensei adalah pengagum Dragon Ball-nya Akira Toriyama, dibuatlah jurus ini. Kalau Songoku punya jurus “berpindah dalam sekejap” ajaran penghuni Planet Yadorat, maka Yondaime punya Hiraishin no Jutsu. Mirip, tapi beda. Yondaime tidak bisa berpindah seenak perutnya, dibutuhkan “segel” sebagai penanda-tujuan teleportasinya. Waktu di Kakashi Gaiden, ditunjukkan bahwa “segel” ini ditempelkan pada kunai. Bila “segel” ini tertulis/tertempel di tubuh musuh, akan berubah menjadi juin jutsu/cursed seal berarti “kematian”.

Sudah menyaksikan kemampuan Mangekyou Sharingan yang dimiliki Kakashi? Matanya mampu memindahkan semua benda ke tempat berbeda dengan seketika. Atau Kuchiyose no Jutsu, memanggil sesuatu/seseorang secara instan. Hiraishin berfungsi sebaliknya, yaitu memindahkan tubuh penggunanya ketempat lain yang sudah diberi tanda. Yup, harus dengan tanda atau “segel”. Tanpa tanda, Hiraishin tidak akan bisa dilakukan.

Sudah saya tulis sumber tulisan saya, terjemahan databook dan manga yang ditulis secara objektif (di awal thread di forum narutofan.com). Lucunya, si pembikin thread melenceng dari judul yang dia bikin sendiri. Dia mengira semua orang awam dan tidak tahu bagaimana Hiraishin berfungsi. Juga membandingkan Yondaime dengan shinobi lain secara tidak komprehensif. Pada akhirnya thread tersebut jadi tempat “perang” argumen penuh dengan asumsi dan “what if”. Jadi jangan membandingkan seorang shinobi dengan yang lain ketika fakta yang dihadirkan minim. Yondaime saja tidak sesering itu muncul di manga.