Listening: D’Cinnamons – Ku Yakin Cinta

Paragraf ini adalah opini saya sendiri tentang Hiraishin. Kalau manga dan anime tidak terlalu jelas menampilkan jurus ini, maka game Naruto Ultimate Ninja 3 (PS2) bisa dijadikan acuan. Hiraishin adalah supplementary jutsu, atawa supporting. Kemampuan teleportasi hanyalah sebagai pembuka serangan atau aspek strategis untuk memenangkan pertarungan. Di game, Hiraishin di kombinasikan dengan Rasengan berbuah kombo yang unblockable! Sebab dimanapun musuh berada, Yondaime bak rudal pencari panas, akan muncul dari belakang musuh tersebut plus memukulkan rasengan kearah punggung. Saya bisa katakan, game juga sumber yang cukup valid untuk membandingkan jutsu. Karena game dibuat berdasar penalaran Kishimoto terhadap manga yang dia bikin.

Post ini sepertinya masih ada lanjutannya, sebab cerita mengenai Yondaime hanya ada beberapa halaman saja semenjak Naruto terbit. Saya yakin Kishimoto akan menguak rahasia-rahasia lain seputar Hokage Keempat. Tapi sebelum saya tutup akan saya tulis secara singkat fakta-fakta Hiraishin no Jutsu berdasar informasi yang saya dapat dan saya tangkap.

  • Hiraishin adalah jurus teleportasi dalam sekejap, bahkan Sharingan, Byakugan atau Rin’egan sekalipun tidak akan bisa melihat gerakan berpindahnya, karena ini instan-murni manipulasi ruang dan waktu.

Jadi kenapa orang-orang menyebutnya shunshin? Hal ini jelas berbeda, sharingan/byakugan masih bisa melihat gerakan shunshin karena shunshin adalah gerakan fisik yang cepat karena bantuan chakra. Selain itu, shunshin hanya sebatas jarak dekat-menengah saja. Hiraishin? Ke planet lain pun bisa, asal ada “segel” sebagai penandanya.

  • Hiraishin butuh “segel” sebagai tanda kemanakah teleportasi tersebut tertuju. Jika “segel” tersebut tertempel pada tubuh musuh, Yondaime dapat bebas teleport ke tempat orang tersebut berada kapan saja. Inilah yang dimaksud tanda “kematian”. Dimanapun, jika sudah “segel” sudah menempel, Yondaime sewaktu-waktu bisa muncul dan membunuh orang tersebut.
  • “Segel” penanda tidak harus menempel pada kunai. Hanya butuh sentuhan buat Yondaime untuk menempelkan “segel” tersebut. Kunai hanya sebagai alat bantu. Misal, jika Yondaime menyentuh suatu pohon (dan menempelkan “segel”) maka Yondaime bisa teleport ke pohon tersebut kapan dia mau. Gampangannya, “segel” itu adalah warp portal.
  • “Segel” berupa tulisan kanji, ketika ditempelkan akan berubah seperti tato permanen, bersatu dengan tempat ditempelkannya “segel” tersebut.

Mungkin “segel” juga langsung ditulis di suatu tempat menggunakan darah/tinta atau bahkan tulisan imajiner tanpa harus menggunakan kertas segel (Yondaime hanya butuh sentuhan untuk membuat tulisan “segel” ini).

  • Sekali lagi, ini jurus support, jadi jurus ini efektif ketika dikombinasikan dengan jurus lain. Ex: rasengan, kage bunshin, dll. Atau untuk tujuan lain, misalnya angkut-angkut barang pindahan ^^ ehm… maksud saya untuk pindah dari satu battlefield ke battlefield yang lain. Bisa juga sebagai jurus melarikan diri, ketika kepepet.

To be cont’d