Team of Alien Hunters

or briefly called “The Hunters”

 

kurono from gantz

 

Listening: Roxette – Milk Toast & Honey

Wow, sudah lama saya ingin nulis artikel ini tapi baru kesampaian sekarang. Saya seperti jatuh cinta pada pandangan pertama. Manga ini kini selalu saya tunggu update-nya di internet. Artworknya asik, “goresan” Oku Hiroya-sensei punya ciri khas yang melekat, seperti karakternya terlihat realistis. Sebenarnya sketsa asli dibikin Oku Hiroya sendiri dengan pensil, untuk finishingnya digunakan computer graphic agar efek-efeknya terlihat nyata.

Padahal baca GANTZ boleh dibilang cuman kebetulan. Dulu waktu masih SMA, saya dan teman saya Poyo, suka hunting manga-scan. Tak dikira, rental dekat rumah saya menyediakan CD manga-scan, jadi daripada capek-capek download mending sewa. Save both time and money. Tujuan saya nyari scan-an OnePiece, tapi di satu CD ada beberapa judul termasuk GANTZ.

Kesan pertama, ecchi! Tau-tau disuguhi ilustrasi cewe (on a swimsuit, or even more topless). Saya pikir itu adalah taktik mangaka menembus pasar dan menembus Shueisha. Sedikit fanservice di awal seri akan menyedot pembaca. Tetapi kemudian kesan tersebut memudar saat ada suguhan tokoh utama yang kepalanya lepas tertabrak kereta. Blood and gore. Mulai dari sinilah rasa keingintahuan saya meningkat. GANTZ bukan sekedar manga yang hanya berisi fanservice, melainkan cerita menarik tentang persahabatan, cinta, & pengorbanan dibungkus action super-seru penuh darah.

Recommended buat kamu-kamu penggemar manga Shounen, Action, Sci-fi & Supernatural dibumbui ecchi. Mumpung masih sampai chapter 265 (sampai tulisan ini dibuat), buruan cari!!

 

The Story…

Awalnya, Kei Kurono seorang cowo SMU normal yang gemar membaca majalah-majalah gravure berniat berangkat ke sekolah menggunakan kereta. Kehidupan sosial di Tokyo sepertinya sudah seperti “tidak mempedulikan orang lain kecuali diri sendiri”. Nilai-nilai keramah-tamahan yang dulu dimiliki orang Jepang serasa hampir punah. Tidak terkecuali Kurono, ketika seorang nenek menanyakan arah, Kurono menjawabnya dengan acuh tak acuh.

Saat itu juga dia melihat teman masa kecilnya, Katou Masaru yang sudah lama tidak dijumpainya. Meski teman lama, Kurono sama sekali tidak punya niatan untuk menyapa Masaru, apalagi berbicara dengannya. Beberapa saat setelah itu, pengunjung stasiun dikejutkan oleh orang mabuk yang jatuh ke lintasan kereta. Tidak ada yang berani menolong, sebab mereka takut kereta lewat sewaktu-waktu. Hampir semua orang ditempat itu merasa bergidik dan merinding.

Lalu munculah pemberani berniat untuk menolong orang mabuk tersebut, dia adalah Masaru. Tubuhnya yang tinggi segera turun ke lintasan kereta, berusaha untuk mengangkat tubuh orang mabuk itu. Nampak sekali Masaru juga ketakutan, peluh bercucuran membasahi seragam sekolahnya. Saking beratnya tubuh orang tersebut, Masaru kewalahan, dia mencari orang yang bersedia membantunya. Sesaat matanya tertuju pada Kurono dan hampir secara bersamaan memanggil nama teman masa kecilnya. Alhasil, Kurono yang tadinya sangat-sangat tidak ingin membantu akhirnya mau ikut turun untuk mengangkat tubuh orang mabuk itu. Diangkat berdua, tubuh orang tersebut dapat diselamatkan. Namun celaka bagi Masaru dan Kurono, kereta tiba-tiba muncul dari belakang mereka dan itu adalah kereta express yang tidak berhenti di stasiun tersebut. Fatal, tubuh mereka tercerai-berai ditabrak kereta berkecepatan tinggi.

Tentu saja ini bukan akhir dari cerita, justru awal kisah GANTZ bermula disini. Kurono mengira dirinya sudah berada dialam lain. Dia sadar berada di sebuah ruangan dengan bola besar berwarna hitam. Masaru juga berada disana, berikut orang-orang yang tidak dikenalnya. Terakhir, muncul cewe (lagi-lagi fanservice) bugil atawa tanpa busana. Masaru kemudian memberikan baju seragamnya untuk menutupi tubuh cewe tersebut. Bahkan Yakuza yang berniat memperkosa cewe itu dihajar oleh Masaru. Wah, ini dia pahlawan kita. Padahal tokoh utamanya bukan Masaru melainkan Kurono.

Masaru memulai percakapan antara orang-orang di ruangan misterius tersebut. Belakangan diketahui, mereka juga merasakan “mati” dan mati mereka juga dengan berbagai cara, ada yang kecelakaan, bunuh diri atau dibunuh. Hal yang mereka ketahui setelah mengalami “mati” hanyalah berada di ruangan berukuran kurang lebih 10x10m. Ruangan itu mempunyai jendela dan pintu, sepertinya mereka berada dalam sebuah gedung disuatu tempat, namun masih di Tokyo (Tokyo Tower terlihat dari jendela). Sedangkan pintunya bagai baja berlapis, tidak bergeming meski didobrak oleh beberapa orang. Tak ada yang bisa dilakukan kecuali pasrah.

Di tengah keputusasaan, bola hitam di tengah ruangan mulai bergerak dan mengeluarkan berbagai macam peralatan, atau lebih mirip dengan senjata beserta baju ketat berwarna hitam, mirip dengan baju selam. Bola itu juga mengeluarkan perintah untuk bersiaga dan bersegera memakai peralatan yang sudah disediakan untuk masing-masing orang. Ada yang sudah siap, ada pula yang bersikeras tidak mau memakai. GANTZ nama yang tertera pada bola tersebut. Perintah lain adalah untuk memburu makhluk aneh (dikatakan alien). Kemudian hanya dalam hitungan detik, tubuh mereka menghilang satu-persatu.

Kurono tersentak, setelah menghilang dari kamar GANTZ, tiba-tiba saja dia berada diluar, sepertinya jauh dan asing. Tapi saat melihat Tokyo Tower, Kurono sadar bahwa dia masih berada di Tokyo. Berbekal alat yang dibawanya, Kurono dan beberapa orang mulai melaksanakan misi-misi GANTZ. Sementara beberapa orang lain tetap tidak peduli dan berusaha mencari jalan pulang. Sayang bagi mereka yang melarikan diri, kepalanya meledak seakan ada bom ditanam di otak mereka.

Kurono, Masaru dan segelintir yang lain mulai percaya bahwa perintah GANTZ harus diselesaikan supaya mereka dapat kembali ke kehidupan semula. Berburu alien adalah hal yang wajib mereka lakukan. Lambat laun, Kurono dkk paham mengenai bagaimana aturan GANTZ. Membunuh alien sama berarti memperoleh “point”, jika “point” seseorang mencapai 100, dia berhak memilih salah satu dari tiga opsi. Satu, hidup lagi sebagai manusia normal, dengan ingatan dihapus (tidak perlu berburu alien lagi). Dua, menghidupkan kembali satu orang yang pernah tewas dalam tim GANTZ. Tiga, terus berburu dan mendapatkan senjata yang lebih kuat. Seperti game dengan nyawa sebagai taruhannya.

 

Download disini: GANTZ manga